Senin, 24 Juni 2013

Impian Gadis Desa

Sejak kecil saya selalu senang kalau diajak main ke tempat baru. Kemana saja. Mau ke tempat wisata, ke rumah baru teman, dan lain sebagainya. Pokoknya serasa asyiik banget kalau sudah berkunjung ke tempat baru. Jadi ada semangat baru, inspirasi baru, dan hal-hal yang baru diketahui lainnya.

Keluargaku termasuk keluarga yang jarang pergi liburan. Ayah bilang ngapain, boros-borosin uang aja, lagian ntar sayang pelanggan pada kabur kalo kita keluar rumah (Ayah saya seorang pedagang). Ibu tidak banyak bicara kalo Ayah sudah memutuskan sesuatu. Alhasil, dulu saya kalo liburan sekolah dasar atau liburan hari raya selalu termenung depan rumah menyaksikan lalu-lalang kendaraan bermotor yang akan pergi ke pantai. Ya, rumah saya dekat pantai, kurang lebih 20km. Pernah saya merengek,”Pa, ke pantai yukkk,,kan Elin sekarang lagi liburan sekolah”. Ayah hanya menggelengkan kepalanya dan bilang, “Ngapain ke sana, mereka yang liburan yang kerja kantoran, yang dari pagi sampe sore kerja, laah kita mau ngapain, tiap hari bersantai”. Saya hanya bisa bersedih kala itu, dan Ibu saya yang selalu memberi semangat dan menghiburku, “Nanti kalau sudah punya suami, mau liburan kemana aja gampang, nanti sama suami akan berlibur ke tempat yang kamu inginkan”. Sejak saat itulah, saya bertekad, suatu saat nanti saya ingin pergi berlibur ke tempat baru, keliling Indonesia, dan kalau bisa ke luar negeri. Ya itulah impian kecil waktu saya SD, bisa keliling dunia bersama suami tercinta. Terlalu muluk-muluk? Biarin!!!! Mimpi yang selalu membuat kita selalu bersemangat untuk melakukan apapun untuk mencapai mimpi itu.

Gambar diambil dari Google
Ketika SMP, impian profesi saya jadi dokter, kenapa???? Waktu itu nenek saya selalu sakit-sakitan. Berobat ke dokter mahal sekali biayanya, hingga saya terobsesi sekali  untuk jadi dokter, biar bisa mengobati orang-orang menengah ke bawah tanpa embel-embel “mahal”. Ketika nenek terbaring di tempat tidur, saya pasti selalu menghibur beliau, “ Nek, sini tangannya, biar dr. Elin periksa.” Nenek hanya tersenyum dan berkata: “Amiin, nenek doakan semoga cita-cita Elin terkabul, meski nanti Elin tidak mengobati nenek, tapi kamu bisa mengobati nenek-nenek yang lain”. Anehnya, waktu SMP, saya suka banget dengan pelajaran Fisika (ga nyambung banget kan dengan bidang kedokteran hehe). Apalagi ketika saya masuk SMK jurusan Bisnis dan manajemen, semakin membuyarkan impian saya jadi dokter.J

Gambar diambil dari Google
Ketika SMK, impian profesi saya pindah haluan, ingin jadi seorang Bankir. Keren saja, dandanan necis, parlente, bicara bagus, dan tentunya banyak uang (padahal belum tentu ya hehehe).  Hingga hampir tiap minggu saya ingin selalu ke Bank. Sepulang sekolah, setiap hari kamis, saya selalu ke Bank, untuk menabung (padahal aslinya pengen tau kegiatan di Bank itu seperti apa saja hehe). 
kemarin, setelah lulus kuliah, saya iseng-iseng mencoba melamar ke Bank *********, setelah melewati beberapa test dan wawancara, akhirnya diterima. Tetapi ketika mau tandatangan kontrak saya ko jadi berfikir kembali, tiap hari pergi pagi pulang malam, bagaimana dengan suami saya. kebayang saya berangkat pagi, suami masih tidur, dan ketika suami pulang, gantian saya yang sudah tidur karena kecapean. Jadi, dimana ketemunya? Memanfaatkan hari Sabtu Minggu? Saya rasa itu tidak akan cukup. Apalagi ada keharusan, menunda dulu kehamilan, Whattttt???? Saya yang pernah kehilangan anak, tentu saja, saya ingin cepat hamil lagi, untuk menghapus rasa kehilangan itu. Hingga akhirnya saya pun menutup impian menjadi bankir itu.

Lalu ini?
(Gambar diambil dari Google)

Ketika kuliah tingkat dua, impian profesi saya berubah lagi, ingin jadi seorang guru. Padahal jurusan kuliah saya teknik, sangat bertolak belakang dengan keguruan. Ini saya rasakan setelah menikah. Sepertinya profesi guru fleksibel bagi wanita yang sudah menikah, bisa pulang siang hari, bisa libur pas anak-anak juga libur, kewajiban saya sebagai ibu rumah tangga dapat terpenuhi.  Guru juga merupakan profesi yang mulia, mendidik anak-anak bangsa. Tapi sayang ya kalau harus pindah jurusan di tengah-tengah kuliah, sayang uang, sayang waktu, sayang tenaga juga.
Kini, impian saya jadi guru mungkin akan terwujud, ajaran tahun 2013/2014 nanti, saya sudah diterima di sekolah dekat rumah saya untuk mengajar sesuai dengan jurusan yang saya geluti. Alhamdulillah.


Gambar diambil dari Google
Dan tentu saja, kini setiap ada waktu senggang, saya pasti mengajak kangdan (suami saya)  untuk berlibur, dan yeaaaahhh dia selalu setuju dengan tempat yang saya ajukan. Keliling Indonesia dan keliling dunia? Why not!!!!! Tunggu kami!!!!!


Impian jangka pendek sekarang ini adalah ingin segera mempunyai anak-anak yang sholeh dan sholehah, ingin menjadi istri yang sempurna bagi suami tercinta (meskipun sempurna hanya milik Allah SWT) dan ibu yang hebat bagi anak-anaknya, ingin belajar menjadi wirausaha,  ingin segera naik haji mumpung masih muda.  Mudah-mudahan segera terwujud. Amiiin. Bismilaahirrahmaanirrahiim.


10 komentar:

  1. impiannya terus berubah, tapi selalu lebih baik ^^
    terima kasih, sudah terdaftar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya berubah terus mngikuti kebutuhan :)
      masama mba :)

      Hapus
  2. jadi apa yang mba suka aja, kalau aku paling males kerja di kantor resmi sih, yang pakai dasi & kemeja, padahal gaji'a sama aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mudah-mudahan bisa enjoy menjalaninya, btw mas kerja apa?

      Hapus
  3. sist saya menemukan makna setelah bca tulisannya he ...pingin naik haji di usia muda,, itu sama dengan keinginan saya,,,semoga ya sist dalam waktu dekat bisa terwujud amin yra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin, ayuk bersaing, siapa yg pling duluan :D

      Hapus
  4. waahh.....boleh jg tu, cita-citanya....hehee.....sukses ya, GA nya, lagi cari inspirasi yg tepat buat ikutan nich...hehee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya Mba,,cita-cita seorang gadis desa,,,,
      bukan karir yang dikejar, tapi kedamaian hidup *alamak hehe
      yups semoga kita sama-sama menang GA nya:)
      Makasi udah mampir :D

      Hapus
  5. Semoga cepat diberi momongan ya mbak Dede :) salam knal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin,,,terima kasih mba :)
      Salam kenal juga :)

      Hapus